Pengertian dan macam macam server

Comments: No Comments
Published on: October 6, 2013

Pengertian singkat

Di era sistem teknologi dan komputer saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat mempermudah kita dalam bertukar data dan informasi secara cepat seperti email,aplikasi chatting ( yahoo mesengger, whats up, facebook, twitter, dan sejenisnya ), tapi di balik semua aplikasi yang  ada pada jaman teknologi dan komputer saat ini semua membutuhkan perangkat yang mana di perangkat tersebut semua sistem dijalankan dan diatur secara global dan terstuktur.

Pengertian lainnya tentang perangkat tersebut biasanya diistilahkan dengan server yaitu perangkat yang terdiri dari perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ) dimana di dalamnya terdapat sistem yang dijalankan secara global dan terstuktur sebagai pelayan dan melayani di dalam jaringan komputer.

 

Macam – macam dan fungsi server

Macam macam atau jenis server itu sangat banyak sekali, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, berikut macam macam jenis server.

1. server web ( Web Server )

Web server pada umumnya berfungsi sebagai penyedia layanan akes berbasis web yang melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS kepada para pengguna.

contoh penerapannya : tempat peletakan sebuah situs perusahaan, social media, blog,situs jual beli online.

2. Server mail ( Email Server )

Server mail pada umumnya berfungsi sebagai fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia dengan waktu yang singkat.

contoh penerapannya : penggunaan email pada yahoo,gmail,hotmail,email kantor, email atas nama domain kita sendiri.

3. FTP server

FTP server pada umumnya berfungsi sebagai fasilitas storage file dalam suatu jaringan komputer.

contoh penerapannya : tempat penyimpanan data global sebuah kantor yang mana semua para karyawan dapat meletakkan file pentingnya di dalam satu tempat secara keseluruhan.

4. Proxy server

Proxy server pada umumnya bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien dalam melakukan request dari Internet atau intranet atau juga bertindak untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik.

contoh penerapannya : memblokir situs2 yang tidak diperkenankan untuk diakses pada saat jam kerja atau sebuah warnet, Mempercepat akses ke suatu website, Meningkatkan Privacy atau keamanan di dalam jaringan.

 

Sekian tulisan singkat yang dapat dijelaskan tentang sebuah server.

 

Semoga bermanfaat

sumber : duniawawasan.com

   

No Comments - Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Welcome , today is Wednesday, July 26, 2017